Penerapan Aplikasi Grafik Komputer Di Bidang Game
Salah satu aplikasi grafik komputer yang dapat di
terapkan kehidupan sehari hari di bidang permainan yang saya akn jelaskan di
dalam artikel ini yaitu Unity (Game Engine)
Unity
(Game Engine)
Unity adalah mesin
permainan (game engine) lintas
platform yang dikembangkan
oleh Unity
Technologies , pertama kali diumumkan dan dirilis pada Juni 2005 di Worldwide Developers Conference milik Apple
Inc. sebagai mesin game Mac OS X -exclusive. Pada 2018,
mesin telah diperluas untuk mendukung lebih dari 25 platform. Mesin ini dapat digunakan untuk membuat game tiga
dimensi , dua
dimensi , realitas virtual, dan augmented reality, serta simulasi dan
pengalaman lainnya.
Mesin ini telah diadopsi oleh industri di luar
permainan video, seperti film , otomotif , arsitektur , teknik dan konstruksi .
Dengan Unity kita dapat membuat game
3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online, fitur" lain tentang Unity berikut
selengkapnya :
1. Membuat Game 2D / 3D
2. Membuat Game FPS
3. Membuat Game Online.
4. Membuat Virtual Reality
5. Dukungan Konversi : Mobile
Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash, Webplayer
6. Online Publish Google Play,
Android market (kita bisa jual tuh game :v :v)
7. Dukungan kode : C#, Javascript
dan Boo
8. Dukungan Extensi file, 3ds, obj,
fbx
Fitur-fitur dalam unity 3d adalah
Rendering
Graphics engine yang digunakan
adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL
ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump
mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion
(SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen
post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain
dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D,
Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut
dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface
Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang
digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari
fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah
shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback
declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card
terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar
menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan
diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime
shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari
DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna,
textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi
yang lebih halus dan mempercepat FPS.
Scripting
Script game engine dibuat dengan
Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat
menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax
ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax
bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity
menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity
Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server
tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat
menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed
audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi
(dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in
lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking
menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
Platforms
Unity support pengembangan ke
berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim
keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan
spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang
didukung.
Saat ini platform yang didukung
adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android,
iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii.
Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung
PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’
Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah
PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan
menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash
Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity
Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store
terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models,
textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan
project, scripting package, editor extensions dan servis online.
Physics
Unity juga memiliki suport built-in
untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia)
dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan
skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
Comments
Post a Comment