Internet Dan New Media
New Media atau Media Baru merupakan suatu media yang terhubung dengan
internet dan teknologi sebagai pendukung dalam mendapatkan informasi dalam
suatu institusi atau suatu organisasi tempat orang bekerja. Dalam kata Media
Baru terdapat pemisah antara kata “lama” dan “baru”. Baru disini bersifat
terbuka dan siapapun dapat mengaksesnya dengan diikuti perkembangan teknologi.
Dengan adanya Media Baru perubahan dapat terjadi,
perubahan dalam bidang produksi, konsumsi dan distribusi. Perubahan yang
terjadi dapat memudahkan khalayak untuk mengerti dan mengelolanya. Perubahan
tersebut dibagi menjadi beberapa bagian:
·
New Textual Experiences: Jenis baru dalam media, kesenengan dan pola konsumsi media (game
pada komputer, dan memberikan efek khusus pada film).
·
New Ways of Representing
the World: Media menawarkan kemungkinan baru yang
representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual yang immersiveberbasis
layar interaktif
·
New Relationship between
Subjects (Users And Consumers) And Media Technologies: Perubahan pengguanaan dan penerimaan gambar serta media yang digunakan
sehari-hari.
·
New Experiences of the
Relationship between Embodiment, Identity and Community: Pergeseran dalam pengalaman pribadi, sosial setiap waktu dan tempat
dalam skala lokal maupun global.
·
New Conceptions of the
Biological Body’s Relationship to Technological Media: Tantangan dalam menerima manusia, alam, teknologi, dan media sebagai
penunjang yang nyata dan virtual.
·
New Patterns of Organization
and Production: Penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya
media, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulasi.
New Media atau
Media Baru memiliki beberapa karakteristik yaitu:
Digital
Dalam proses pada New Media, data-data
yang diperoleh dalam media digital diubah ke dalam angka. Data-data yang telah
dimasukkan dimunculkan dengan berbagai bentuk seperti teks, grafik atau
diagram, foto serta video. Data tersebut disimpan dalam jaringan online yang
menghasilkan sebuah output berbentuk digital diskdan
drive memory. Setelah itu dikirim dengan jaringan telekomunikasi dan dapat
dicetak sebagai hard copy.
Interactivity
Interactivity mengarah
kepada khalayak untuk ikut campur dalam mengubah gambar atau teks yang ada
dalam berita. Media Baru menuntut penggunanya aktif dalam bertindak agar
menghasilkan sebuah makna dalam tulisan yang mereka baca atau lihat.
Hypertextual
Hypertextual atau
disebut juga Hypertext merupakan media baru dalam sejarah
media analog. Hypertextual ini menjelaskan sebagai teks yang
memiliki jaringan dari link lain diluar teks, dan berkarakteristik sebagai
media baru dan internet. Hal itu sangat berkaitan dengan sistem operasi
komputer, databasem dan software. Hypertext ini sangat
dibutuhkan oleh pengguna internet untuk menghubungkan beberapa media melalui
sebuah teks yang mereka butuhkan.
Networked
Networked merupakan
istilah dari jaringan, suatu hal atau informasi dengan mudah tersebar dan
banyak media yang mempublikasikan informasi tersebut sehingga memudahkan
khalayak dalam mengakses dan mendapatkannya. Hal itu dikarenakan dengan adanya
perkembangan terknologi membuat khalayak mudah mengakses kapan pun dan di mana
pun sesuai dengan keinginannya.
Virtual
Virtual adalah
kondisi yang ada di dunia nyata. Dalam Media Baru informasi yang nyata
merupakan identitas virtual yang mana diterapkan dalam
kehidupan khalayak. Informasi yang nyata tersebut berasal dari pengalaman
sehari-hari.
Simulated
Simulted atau
Simulasi memiliki hubungan dengan virtual, tetapi simulasi
mempunyai arti konsep yang lebih luas. Simulasi merupakan sebuah salinan dari
sesuatu yang asli atau nyata. Namun simulasi sangat penting karena pada jantung
realitas virtual.
Dengan perkembangan suatu teknologi dan internet
terdapat portal berita yang menjadi bagian dari jurnalisme online. Portal
berita tersebut adalah Kompas.com. Inilah beberapa penerapan karakteristik
dalam Kompas.com:
·
Digital,Kompas.com sudah menerapkan karakteristik ini. Dapat dilihat dengan
adanya suatu jaringan internet yang menyampaikan berita atau informasi dalam
Kompas.com secara cepat dan mudah. Dalam setiap berita yang diterima terdapat
teks, grafik, foto atau video yang menjadi pendukung.
·
Interactivity,Kompas.com dalam interactivity yaitu adanya kolom
komentar yang dibuat oleh pihak portal berita. Kolom komentar tersebut untuk
memberikan ruang kepada khalayak supaya dapat menanggapi berita yang disebar
dan dapat mengemukakan pendapatnya secara bebas. Dengan adanya hal tersebut
komunikasi diantara Kompas.com dan khalayak dapat berlangsung.
·
Hypertextual, Kompas.com dalam hypertextual sangat mudah
ditemukan karena terdapat link untuk membaca halaman berita berikutnya dan
membaca berita lain dari luar.
·
Networked, Kompas.com sangat menerapkan hal tersebut karena portal berita
tersebut hanya dapat diakses melalui jaringan online atau berbasis dengan
adanya jaringan internet. Dengan hal tersebut memudahkan khalayak mendapatkan
berita atau informasi yang dibutuhkan.
Dengan adanya perkembangan teknologi, internet
sebagai teknologi baru dapat menerapkan karakteristik yang ada dalam portal
media. Dan dengan adanya Media Baru, seperti internet dapat memudahkan khalayak
untuk memperoleh dan mengakses portal media yang diinginkan dengan mudah dan
cepat.
Sumber:
Lister. M. et al. (2009). New Media: A
Critical Introduction 2nd Edition.New York: Routledge
Comments
Post a Comment